Jumat, 06 April 2012

Serbia Sambut Baik Usulan RI Soal Kosovo

coretan

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Serbia Vuk Jeremic menyambut baik usulan Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda dalam penyelesaian kasus Kosovo.

"Kita menyambut baik usulan Indonesia agar permasalahan ini diselesaikan dengan dialog dan damai," kata Jeremic dalam jumpa persnya di Gedung Deplu, Jalan Pejambon, Jakarta, Kamis (27/3/2008).

Jeremic juga menyambut baik usulan Indonesia, agar pemerintahnya meminta legal opinion dari Internasional Court of Justice, soal status kemerdekaan Kosovo.

Dalam kesempatan ini, Jeremic menegaskan bahwa permasalahan Kosovo bukanlah permasalahan agama. "Saya mengerti banyak kebingungan selama ini. tapi saya katakan bahwa Kosovo bukanlah negara agama, tapi murni masalah etno politik," jelasnya.

Jeremic mengatakan, meskipun di Kosovo sebagian besar penduduknya adalah muslim. Tapi Kosovo bukanlah negara muslim. "Ini hanya isu yang dibuat oleh Etnis Albania di Serbia yang mencari kemerdekaan yang sayangnya dilakukan dengan cara ilegal," jelasnya.

Dia mengatakan, kebanyakan penduduk Serbia adalah muslim dan Kristen, tapi mereke tetap mengakui kemerdekaan Serbia sebagai negara demokratis dan melaksanakan aturan yang baik.

Mengenai sikap Uni Eropa (UE) terhadap kemerdekaan Kosovo, Jeremic mengakui memang banyak pertanyaan bagaimana jika UE meminta Serbia mengakui kemerdekaan Kosovo, sebagai syarat untuk masuk Serbia ke dalam UE.

"Tapi kami mengharapkan tidak ada permintaan seperti itu. Karena tidak semua anggota Uni Eropa mendukung deklarasi kemerdekaan Kosovo yang dilakukan secara ilegal dan tidak menunjukkan legitimasi. Banyak anggota UE tidak mengakui kemerdekaan Kosovo," jelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar


widget
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by mendbankeld - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons