Jumat, 06 April 2012

Rusia Imbau Negara-Negara Agar Tak Emosi Sikapi Korut

coretan


Foto : Deputi Menlu Rusia Sergei Ryabkov (reuters)
Foto : Deputi Menlu Rusia Sergei Ryabkov (reuters)
MOSKOW - Deputi Perdana Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov meminta komunitas internasional agar memikirkan kembali sikapnya dalam menanggapi rencana peluncuran roket Korea Utara (Korut).

"Seharusnya, negara-negara tidak menggunakan emosinya dan tidak melakukan konfrontasi dengan Korut. Kami, juga sangat khawatir dengan peluncuran roket itu dan kami yakin Korut menantang resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB)," ujar Ryabkov, seperti dikutip RIA Novosti, Rabu (4/4/2012).

Menurut Korut, roket itu akan diluncurkan bersama dengan satelitnya. Satelit Kwangmyongsong-3 akan mengitari bumi dalam orbit selama dua tahun. Korut juga mengklaim program antariksa itu merupakan program yang damai.

Peluncuran itu akan dilaksanakan pada 12 dan 16 April, bertepatan dengan ulang tahun pelopor Korut Kim Il Sung yang ke-100.

Hingga saat ini, beberapa negara kerap mengecam peluncuran roket yang dilakukan oleh Korut. Negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan (Korsel), Taiwan, dan Filipina menilai bahwa peluncuran roket itu tidak dapat dibenarkan.

Hal itu disebabkan karena serpihan roket jarak jauh diprediksi akan jatuh ke negara-negara lain. Jepang dan Taiwan bahkan menyiapkan misil patriotnya untuk menembak jatuh satelit Korut bila serpihan roket memasuki wilayahnya.

0 komentar:

Posting Komentar


widget
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by mendbankeld - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons