Jumat, 06 April 2012

Khawatir Terkena Dampak, ASEAN Bahas Peluncuran Satelit Korut

coretan


Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan (Foto: Nation Multimedia)
Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan (Foto: Nation Multimedia)
PHNOM PENH - Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan mengatakan, negara-negara Anggota ASEAN akan bertemu untuk membahas peluncuran satelit Korea Utara (Korut),yang disinyalir akan berdampak terhadap sejumlah negara ASEAN termasuk Filipina dan Indonesia di antaranya.

"Para Menteri Luar Negeri negara-negara anggota ASEAN akan melakukan pertemuan untuk membahas isu ini. Saya pikir kita semua khawatir dengan ketidakstabilan di Semenanjung Korea yang berpotensi mengarah pada perlombaan senjata, nuklirisasi kawasan yang menimbulkan dampak buruk bagi keseluruhan wilayah," ujar Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan seperti dikutip AFP Senin, (2/4/2012).

Ditambahkan Sekjen Surin Pitsuwat, peluncuran satelit oleh Korut akan mempengaruhi iklim perdagangan, investasi di kawasan termasuk di ASEAN.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario mengatakan, Filipina telah mengirimkan protes diplomatik yang ditujukan kepada perwakilan Pyongyang di PBB, juga di China dan di sejumlah negara ASEAN.

Del Rosario juga menekankan pihaknya akan mengangkat isu ini dalam pertemuan puncak tahunan ASEAN yang akan berlangsung di Phnom Penh dalam waktu dekat.

Sepekan lalu Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik Kurt Campbell sempat mengatakan, peluncuran satelit oleh Korut akan berdampak di sejumlah negara di Asia termasuk di antaranya Filipina, Indonesia dan Australia.

Pengumuman Korut yang mengatakan, negaranya akan meluncurkan satelit dengan menggunakan roket jarak jauh pada 12-16 April mendatang telah mendapat kecaman sejumlah negara. Jepang dan Korea Selatan bahkan tegas mengatakan, mereka akan menembak jatuh satelit Korut jika tindakan itu memang diperlukan.

Kendati demikian, sejauh ini Korut tidak bergeming menghadapi tekanan dunia internasional yang mendesak agar peluncuran satelitnya dibatalkan.

0 komentar:

Posting Komentar


widget
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by mendbankeld - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons