Jumat, 06 April 2012

Kim Jong-Un Takkan Tunda Peluncuran Roket Korut

coretan


Foto : Pemimpin Korut Kim Jong Un (AP)
Foto : Pemimpin Korut Kim Jong Un (AP)
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menolak usulan dari Kementerian Luar Negeri yang memutuskan untuk menunda peluncuran satelit dan roket Korut untuk program antariksa.

Korut sebelumnya memutuskan untuk meluncurkan roketnya pada pertengahan April, bertepatan dengan ulang tahun ke-100 Kim Il-Sung. Namun Kementerian Luar Negeri Korut sempat mengusulkan agar peluncuran roket itu ditunda hingga awal Mei karena Amerika Serikat (AS) akan mengadakan pembicaraan dengan Korut. Korut juga masih menginginkan bantuan pangan yang dijanjikan AS.

Kementerian Luar Negeri Korut yakin, akan ada kesulitan yang muncul dalam negosiasi AS dan Korut, bila negaranya tetap meluncurkan roket di bulan ini. Namun bila Korut meluncurkan roketnya pada Mei, Korut akan kehilangan momen yang cukup penting dalam sejarah. Demikian seperti diberitakan Yomiuri Shimbun, Kamis (5/4/2012).

Sikap Kim Jong Un juga didukung oleh para pejabat militer garis keras di negeri komunis Asia tersebut. Mereka semua yakin, peluncuran satelit yang dilakukan pada bulan ini tidak akan memberikan dampak negatif dalam dialog Korut dan Washington.

Militer Korut menganggap, kelanjutan dialog AS dan Korut bergantung besar kepada penundaan proses pengayaan uranium, bukan kepada peluncuran satelit antariksa.

Peluncuran satelit itu juga terlihat makin diwaspadai oleh sejumlah negara-negara tetangga Korut. Setiap negara tampak khawatir akan jatuhnya serpihan roket Korut di wilayahnya.

0 komentar:

Posting Komentar


widget
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by mendbankeld - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons