Jumat, 06 April 2012

Eks PM Kosovo Ditangkap Bulgaria

coretan


Agim Ceku (Press TV)
Agim Ceku (Press TV)
PRISTINA - Mantan Perdana Menteri Kosovo Agim Ceku ditangkap aparat berwenang Bulgaria Selasa kemarin waktu setempat. Penahanan dilakukan atas surat perintah penangkapan Interpol lama yang dikeluarkan Serbia.

"Dua ditahan di perbatasan Macedonia-Bulgaria. Kami berharap dia dilepaskan segera, namun kami tidak tahu apa yang akan terjadi malam ini atau esok," kata Gezim Kasapolli, juru bicara dari partai Ceku, dikutip dari Reuters, Rabu (24/6/2009).

Serbia menuduh Ceku, seorang mantan komandan tinggi pejuang Albania Kosovo selama perang 1998-1999, sebagai tersangka kejahatan terhadap warga Serbia. Selain Ceku, Serbia juga menuduh sejumlah pemimpin Kosovo lainnya, termasuk Perdana Menteri Hashim Thaci yang kini masih menjabat.

Pemerintah Kosovo telah meminta Interpol dan negara-negara lainnya untuk mengabaikan permintaan Serbia.

Bulan lalu Ceku meninggalkan Kolombia menyusul perintah pengusiran dari badan keamanan lokal, setelah pemerintah Serbua meminta Kolombia menahan dia.

Mayoritas warga Albania Kosovo yang didukung negara-negara Barat menyatakan kemerdekaan pada 2008, dan mendapat pengakuan dari 60 negara, termasuk Bulgaria. Namun Serbia menegaskan tidak akan pernah mengakui kemerdekaan Kosovo.

0 komentar:

Posting Komentar


widget
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by mendbankeld - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons