Jumat, 06 April 2012

AS Janji Bantu Kosovo Jadi Anggota UE & NATO

coretan


Menlu AS Hillary Clinton (Foto: CBS News)
Menlu AS Hillary Clinton (Foto: CBS News)
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton mengatakan, AS akan membantu Kosovo untuk bergabung sebagai anggota Uni Eropa (UE). Tidak hanya itu, AS bahkan mengatakan akan membantu Kosovo bergabung dengan North Atlantic Treaty Organization (NATO).

"Saya sangat percaya pada kemerdekaan Kosovo, integritas wilayah serta aspirasi untuk menjadi mitra penuh dalam komunitas internasional baik sebagai anggota UE sampai akhirnya menjadi anggota NATO," ujar Menlu AS Hillary Clinton seperti dikutip RIA Novosti Kamis, (5/4/2012).

Pernyataan Clinton itu disampaikan dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Kosovo Hashim Thaci di Washington, AS. Kunjungan PM Thaci ke Negeri Paman Sam itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Pristina dan Belagrade menyusul pengumuman kemerdekaan Kosovo beberapa waktu lalu.

"AS akan melanjutkan dukungan terhadap Kosovo dan bekerja sama dengan UE untuk menyelesaikan permasalahan antara Kosovo dan Serbia," imbuhnya.

Clinton juga menambahkan, AS mendorong kemajuan Kosovo dalam integrasi dengan UE dan pembangunan ekonomi negara itu.

"PM Thaci mengatakan pada Saya bahwa pertumbuhan ekonomi tumbuh 5 persen pe tahun. Ini adalah sinyal yang sangat kuat dari Kosovo dan kami ingin membantu sepenuhnya untuk mengintegrasikan, khususnya anak muda di Kosovo ke dalam Eropa dan komunitas internasional," ujar Clinton.

Sekira 90 negara termasuk AS dan sebagian besar negara-negara UE, telah mengakui kemerdekaan Kosovo dari Serbia pada 2008 lalu. Namun Belgrade dan Moskow hingga kini menolak untuk mengakui kemerdekaan negara itu.

0 komentar:

Posting Komentar


widget
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by mendbankeld - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons