Jumat, 06 April 2012

AS Ingin Akhiri Konflik dengan Mesir

coretan


Juru Bicara Kemenlu AS Victoria Nuland (Foto: RIA Novosti)
Juru Bicara Kemenlu AS Victoria Nuland (Foto: RIA Novosti)
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) berharap agar konfliknya dengan Mesir terkait penangkapan 19 aktivis AS oleh Pemerintah Mesir dapat terselesaikan dengan cepat.

AS berharap pengadilan Mesir dapat segera menyelesaikan proses peradilan secepatnya guna menyelamatkan hubungan kemitraan kedua negara yang dinilai sangat penting bagi AS.

Namun keputusan pengadilan Mesir yang menunda keputusan terhadap 19 aktivis AS itu pada April mendatang disinyalir akan membawa hubungan kedua negara dalam kondisi yang lebih rumit.

"Kami terus bekerja keras untuk menyelesaikan masalah ini secepat yang kami bisa. Kami prihatin kasus ini belum dapat terselesaikan," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Victoria Nuland seperti dikutip Reuters Selasa, (28/2/2012).

Para pengamat menilai, jika kasus ini terus dibiarkan berlarut-larut maka dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang dalam hubungan AS-Mesir. Mesir dan Yordania selama ini dikenal sebagai mitra serta aliansi strategis AS di kawasan Arab yang memiliki perjanjian damai dengan Israel.

Direktur LSM Freedom untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, House Charles Dunne yang anggotanya ikut diadili di pengadilan Mesir mengatakan, meski tersandung dalam proses hukum, pihaknya akan tetap fokus untuk menyebarkan demokratisasi di Mesir.

"Apa yang dilakukan Mesir bukan perang terhadap LSM Amerika. Namun ini adalah kampanye melawan masyarakat sipil Mesir," ujar Dunne.

Penangkapan 19 aktivis AS berawal dari tudingan Pemerintah Mesir yang menyebutkan para aktivis AS itu terlibat atas pendanaan ilegal terhadap kelompok-kelompok LSM tertentu yang terlibat dalam aksi kerusuhan di Mesir pasca tergulingnya rezim Mubarak.

Mesir pun menuding, para aktivis itu mendirikan cabang organisasi internasional di Mesir tanpa izin dari otoritas setempat.

0 komentar:

Posting Komentar


widget
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by mendbankeld - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons